ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARRU

  • lilis Suryani STKIP
  • Isnani Arianti Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Analisis, Cerpen, kemapuan menulis siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X menulis teks cerpen. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah agar guru dapat menentukan media atau model pembelajaran yang tepat ketika mengajarkan menulis teks cerpen kepada siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah teknik tes dengan jenis tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan mencari rata-rata dan persentase hasil belajar siswa dalam hal ini menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 siswa terdapat 27 siswa atau 90% yang memperoleh nilai di atas nilai minimal dan sisanya 3 siswa atau 10% yang nilainya di bawah kriteria. Selanjutnya, nilai terendah yang diperoleh siswa, yaitu 70 dan tertinggi, yaitu 90 serta rata-rata secara klasikal adalah 81,34. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Barru dinyatakan mampu menulis teks cerpen.

Published
2023-08-08
Section
Articles