EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SAWERIGADING MAKASSAR

  • Nurul Sulasmiatningsih SMA Sawerigading Makassar
Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK, CERPEN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menganalisis dan memahami unsur intrinsik cerpen. Penyebab rendahnya nilai siswa karena guru kurang inovatif memilih metode mengajar yang tepat sehingga siswa pun pasif. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dan menggunakan pretest-postest design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji formalitas, uji homogenitas, dan uji-t (paired sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan hasil belajar dari tahap pretest ke tahap posttest. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada tahap pretest hanya 16 dari 14 siswa yang tuntas, meningkat menjadi 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa belum tuntas pada tahap posttest. Nilai rata-rata pada tahap pretest hanya 71,53 meningkat menjadi 80,28 pada tahap posttest. Analisis statistik inferensial menggunakan uji compare means paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed), yaitu 0.000. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode Jigsaw terhadap kemampuan menganalisis atau memahami unsur intrinsik cerpen.

Published
2023-03-30
Section
Articles