PENINGKATAN KETERAMPILAN MENENTUKAN GAGASAN POKOK PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING SISIWA KELAS X MA AL- HIDAYAH MAKASSAR

  • amir amir Universitas Sawerigading Makassar
  • 〖Anita Candra Dewi〗^2 Universitas Negeri Makassar
  • heriani
Keywords: Learning, Paragrat deduktif, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan peningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan gagasan pokok paragraf deduktif pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan kooperatif learning pada siswa kelas X MA AL-Hidayah Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan melalui pengamatan, yaitu pengamatan berperan secara pasif yang dilakukan oleh kolaboran, dan kedua adalah pengamatan berperan serta secara penuh yang dilakukan oleh peneliti sebagai pelaksana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktifitas guru maupun siswa. Dimana siklus I penerapan pendekatan kooperatif learning yang dilakukan oleh guru dikualisifikasikan kurang (K) karena tingkat keberhasilan siswa pada siklus ini hanya mencapai 42,66% atau hanya 4 orang siswa. Siklus II meningkat karenapenerapan media pembelajaran melalui pendekatan kooperatif learning yang dilakukan oleh guru sudah mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan kooperatif learning dan dikualisifikasikan (B) dengan (SB) tingkat keberhasilan meningkat menjadi 73% atau 14 siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kooperatif learning keterampilan menentukan gagasan pokok paragraf deduktif siswa kelas X MA AL-Hidayah Makassar meningkat.

Published
2022-09-30
Section
Articles